Kas warga diadakan sejak era paguyuban, ketika masih belum ada Rukun Tetangga (RT) di Garden Ville. Tujuan diadakannya kas warga adalah untuk membiayai berbagai kebutuhan di lingkungan Garden Ville yang tidak tercakup oleh Iuran Pemeliharaan dan Keamanan Lingkungan (IPKL) yang dibayarkan ke Manajemen Kota Citra Raya.
Pada akhir tahun 2019, rapat warga memutuskan untuk melakukan pemutihan berbarengan dengan pergantian kepengurusan RT saat itu. Warga diwajibkan untuk tertib kas sejak Januari 2020.
Prinsip dasar kas warga adalah "dari warga, untuk warga" dan digunakan untuk kepentingan bersama demi meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keguyuban antarsesama warga Garden Ville.
Pengadaan alat pemadam kebakaran, beserta isi ulang yang expired setiap tahun, penambahan CCTV di pos, rambu jalan, cone pembatas jalan, kursi inventaris untuk acara warga dsb.
Support dana operasional untuk tim security, pembayaran internet pos security (untuk CCTV dan komunikasi dengan tim security), pemeliharaan sepeda motor patroli tambahan (servis, ganti ban, dsb)
Pemasangan barrier boom gate di gerbang masuk cluster.
Penyelenggaraan acara bersama warga (17-an, buka bersama, halal bihalal, pertemuan rutin warga, dsb)
Pelaksanaan fogging mandiri secara berkala (pada waktu pandemi lalu juga termasuk untuk disinfektansi mandiri)
Dan lain sebagainya...
Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah kas warga bersifat wajib?
Ya, kas warga bersifat wajib.
Apa konsekuensinya jika saya menolak membayar kas warga?
Jika Anda menolak membayar kas warga, Anda tidak akan mendapatkan pelayanan apapun baik dari Ketua RT maupun jajaran pengurusnya. Anda akan dianggap sebagai tamu di Garden Ville.
Berapa nominal kas yang harus saya bayarkan setiap bulan?
Bagi rumah yang sudah dihuni, nominal kas yang harus dibayarkan setiap bulan adalah sebesar Rp50.000. Sedangkan bagi rumah yang belum dihuni, nominal kas yang dikenakan hanya separuhnya, yaitu Rp25.000 per bulan.
Saya belum menetap di Garden Ville, tapi saya datang ke sini secara rutin. Apakah rumah saya terhitung dihuni atau kosong?
Jika Anda datang dan menginap secara rutin paling sedikit 2 (dua) minggu sekali, rumah Anda akan dianggap sudah dihuni.
Kenapa kas warga tidak dipungut secara ad hoc ketika ada kebutuhan saja?
Kas warga tidak dapat dipungut secara ad hoc (saat diperlukan saja) karena ada kebutuhan rutin yang harus kita penuhi, misalnya support untuk pos security, pembayaran internet pos security, bahan bakar dan pemeliharaan motor patroli, dan sebagainya. Selain itu, ketertiban pembayaran kas warga akan menjadi salah satu parameter untuk mengukur kesiapan kita dalam melakukan pengelolaan lingkungan secara mandiri ke depannya.
Saya tidak setuju dengan beberapa program kerja pengurus RT. Jadi saya mau bayar kas separuh saja. Apakah bisa demikian?
Tidak bisa.
Apakah setiap bulan ada reminder untuk mengingatkan pembayaran kas?
Untuk saat ini belum ada. Akan tetapi, setiap awal bulan Bendahara mengirimkan laporan kas dan status pembayaran kas di Komunitas WhatsApp Garden Ville. Anda bisa menjadikan itu sebagai pengingat.